8 Istilah dalam Konstruksi Bangunan Rumah yang Wajib Diketahui

8 Istilah dalam Konstruksi Bangunan Rumah yang Wajib Diketahui

8 Istilah dalam Konstruksi Bangunan Rumah yang Wajib Diketahui

8 Istilah dalam Konstruksi Bangunan Rumah yang Wajib Diketahui –  Selama hidup, kita tinggal di rumah, yang tak cuma untuk beristirahat tapi juga sekaligus jadi tempat berlindung dari hujan, cuaca panas dan sebagainya.

Selanjutnya akan dibahas istilah dalam konstruksi bangunan rumah satu per satu.

1. Fondasi

Istilah dalam konstruksi bangunan rumah yang pertama akan dibahas adalah bagian fondasi. Bagian ini merupakan bagian yang esensial dari sebuah bangunan.

2. Sloof

Bagian konstruksi bangunan rumah yang kedua merupakan sloof yakni bagian bangunan yang taruh di atas fondasi.

Fungsinya ialah menyalurkan beban dari bangunan bagian atas pada fondasi dan memeratakan beban yang ada dengan cara menyalurkan beban secara merata pada setiap titik fondasi.

3. Dinding

Dinding atau tembok merupakan struktur konstruksi bangunan vertikal yang bisanya tersusun dari bata atau batu yang menutupi interior dan mengelilingi suatu lahan.

Juga bisa menjadi partisi yang membagi-bagi ruangan dari suatu bangunan.

4. Kolom

Kolom merupakan bagian konstruksi bangunan berbentuk batang vertikal yang menyokong beban dari balok pada bagian atas bangunan.

Adalah salah satu jenis struktur bangunan utama yang penting, mempunyai fungsi untuk mendistribusikan berat beban bangunan, beban barang dan manusia, serta tekanan dari angin.

5. Balok Lintel

Adalah bagian konstruksi bangunan yang dibangun di bagian atas struktur konstruksi jendela dan pintu.

Balok lintel berfungsi untuk mengurangi bobot pada kusen dan menghalangi beban agar tidak secara langsung menekan kusen.

6. Rangka Atap

Bagian konstruksi bangunan selanjutnya ialah rangka atap. Bagian ini adalah gabungan rangka-rangka berbentuk segitiga yang mengikuti bentuk atap.

Rangka atap atau yang biasa juga disebut truss ini mempunyai fungsi untuk menjadi penahan struktur atap seperti reng dan genteng agar tetap stabil berada pada tempatnya.

7 . Atap

Atap adalah salah satu bagian konstruksi bangunan rumah yang nampak jelas dari luar, berada di bagian atas dari suatu rumah dan bangunan lainnya.

Komponen struktur bangunan ini mempunyai dua fungsi yang sifatnya mendasar.

Yaitu melindungi bagian dalam rumah dari terpaan elemen alam seperti cuaca panas, hujan, dan angin, serta berguna sebagai penghalang yang memberikan privasi bagi penghuni rumah.

8. Ventilasi

Ventilasi merupakan konstruksi bangunan rumah berbentuk lubang yang menjadi jalur bagi udara keluar-masuk rumah.

Komponen struktur bangunan ini berbentuk jendela, pintu, dan lubang ventilasi udara yang dibuat pada dinding.

Comments are closed.