Macam-macam Istilah Bunga Perbankan

Macam-macam Istilah Bunga Perbankan

Macam-macam Istilah Bunga Perbankan

Macam-macam Istilah Bunga Perbankan, – Kalau kamu bekerja di dunia perbankan, tentu kamu familier dengan istilah-istilah yang ada di dalamnya. Kamu bahkan diwajibkan untuk hafal di luar kepala karena memang sudah menjadi bagian dari tanggung jawab pekerjaan. Namun bagi yang awam, istilah-istilah perbankan bukanlah hal yang sering diingat.

Dunia keuangan memiliki banyak istilah yang jarang diketahui orang, salah satunya bunga. Secara sederhana, bunga bank dapat diartikan sebagai imbalan yang diberikan bank kepada nasabah karena sudah menyimpan dananya.

Bunga tersebut dihitung sebesar persentase tertentu dari pokok simpanan dan jangka waktu simpanan, ataupun tingkat bunga yang dikenakan terhadap pinjaman yang diberikan bank kepada debiturnya (bank interest).

Tapi, tahu gak sih kamu, ternyata ada beberapa jenis bunga dengan arti berbeda lho. Simak penjelasan di bawah ini, ya!

Bunga biasa dan bunga debit

Dilansir dari https://superbandar.live, bunga biasa adalah imbal hasil yang dihitung hanya atas pokok pinjaman. Sementara, atas bunga yang terutang tidak dihitung bunga. Bunga biasa ini dihitung berdasarkan 360 hari dalam satu tahun (simple interest; ordinary interest). Kemudian, bunga debit adalah bunga yang dibebankan bank atas saldo debit rekening nasabah (debit interest).

Bunga ditambahkan dan bunga harian

Bunga ditambahkan adalah bunga yang metode penghitungan pembayaran bunganya ditambahkan dengan menggunakan persentase terhadap pokok pinjaman, yang diinginkan untuk menghitung biaya bunga. Biaya bunga itu kemudian ditambahkan pada utang pokok untuk menghitung jumlah yang harus dibayar peminjam (ad-on rates; ad-on interest).

Sementara, bunga harian adalah pendapatan bunga yang dihitung sejak disetor sampai dengan pengambilan. Bunga tersebut dihitung setiap hari dengan bunga majemuk, tetapi pembayarannya pada akhir bulan atau pada waktu lain yang ditetapkan (daily interest).

Bunga majemuk dan bunga pasti

Istilah satu ini adalah bunga yang dihitung atas jumlah pinjaman pokok ditambah bunga yang diperoleh sebelumnya. Misalnya, apabila seseorang menyimpan uangnya di bank Rp1 juta pada tingkat bunga 10 persen per tahun, pada akhir tahun pertama akan diperhitungkan menjadi Rp1,1 juta, dan pada akhir tahun ke-2 akan menjadi Rp1,210 juta (compound interest).

Sementara, bunga pasti adalah bunga simpanan yang dihitung berdasarkan 365 hari setahun. Selain itu, ada pula istilah bunga terantisipasi. Perkiraan besarnya bunga akan dihasilkan pada saat tertentu pada masa yang akan datang, dan rekening simpanan atau penempatan pada bank lain (anticipated interest).

Comments are closed.