Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang

Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang, – Pendaftaran program Kartu Pra Kerja gelombang IV resmi dibuka pukul 12.00 WIB hari ini. Bagi kamu yang mau mendaftarkan diri sebagai peserta bisa langsung mengakses situs prakerja.go.id. Hanya kurang dari 30 menit semua persyaratan bisa diisi.

Untuk menu ‘daftar sekarang’, kamu hanya perlu mengisi email dan password yang harus dibuat dari 8 karakter dengan kombinasi huruf kapital dan kecil, serta angka. Setelah itu klik centang pilihan ‘saya menyetujui syarat dan ketentuan privasi yang berlaku’.

Sebelum mengakses situs resmi Pra Kerja, ada baiknya kamu menyiapkan beberapa dokumen seperti kartu tanda penduduk (KTP) dalam bentuk foto dan kartu keluarga (KK). Calon peserta juga harus memastikan berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Jika sudah menyiapkan persyaratannya, maka bisa langsung mengakses situs resmi Kartu Pra Kerja dana memilih menu ‘daftar sekarang’. Menu ini bagi calon peserta yang belum memiliki akun, jika yang sudah memiliki akun maka langsung memilih menu ‘masuk’.

Setelah mendaftar, kamu secara otomatis mendapat pesan verifikasi melalui pesan elektronik atau email yang didaftarkan. Dengan begitu, kamu bisa kembali ke laman utama dan pilih menu ‘masuk’ dan ada beberapa kolom data diri yang perlu diisi.

Perlu diketahui, akun ini bisa berlaku untuk gelombang pendaftaran selanjutnya jika terbukti tidak lolos pada pendaftaran di gelombang yang sedang dibuka. Jadi tidak perlu mengulang untuk membuat akun kembali.

Mengisi Formulir Data Diri

Pada proses pengisian data diri, kamu harus mengisi nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP dan tanggal lahir. Selanjutnya, bisa mengisi formulir data diri yang lebih lengkap lagi seperti jenis kelamin, alamat rumah, serta mengunggah foto KTP calon peserta. Proses ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Pada tahap selanjutnya, calon peserta diminta untuk memasukkan nomor kartu keluarga. Persyaratan ini baru diberlakukan sesuai Permenko Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020. Sebelumnya, para peserta harus mengunggah KTP dan selfie atau swafoto bersama KTP.

Setelah berhasil mengisi nomor KK, kamu diminta untuk mengisi nomor seluler atau handphone yang aktif, setelah mengisi nanti akan mendapat kode OTP yang otomatis dikirimkan melalui SMS. Jika sudah mendapat dan mengisi kode tersebut maka calon peserta masuk pada tes motivasi dan kemampuan dasar.

Pertanyaan Bersifat Konfirmasi

Sebelum masuk tes tersebut, calon peserta akan mendapat 11 sampai 12 pertanyaan bersifat konfirmasi. Setelah itu baru calon peserta bisa memulai tes motivasi dan kemampuan dasar.

Sebelum mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar, pastikan kamu berada di tempat yang kondusif, berada di tempat dengan koneksi internet yang stabil, dan bila perlu menggunakan alat bantu corat coret seperti kertas dan pensil/pulpen untuk menyelesaikan soal.

Tes motivasi dan kompetensi dasar ini berisi 18 soal dengan durasi maksimal 25 menit. Jika waktu habis, tes akan dianggap selesai dan dikirim secara otomatis. Tes yang diuji berupa soal motivasi dan kemampuan dasar.

Setelah melewati 18 soal ini, kamu akan disuguhi pertanyaan konfirmasi terhadap isi 18 soal pertanyaan, Jika belum percaya diri dan waktu tes masih tersedia maka peserta bisa mengubahnya, jika sudah percaya diri maka tinggal klik menu selanjutnya. Dengan begitu tes motivasi dan kompetensi dasar sudah selesai.

Di menu selanjutnya, kamu akan masuk pada dashboard Pra Kerja, di sini ada informasi mengenai profil calon peserta. Dan ada pilihan pilih gelombang. Nah kamu bisa memilih gelombang IV karena pemerintah sedang membuka kuota 800.000 orang.

Jika memilih gabung pada gelombang IV maka calon peserta akan mendapat persetujuan pra kerja sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika menyetujui maka proses selanjutnya tinggal menunggu hasil evaluasi.

Comments are closed.