Semua Mempunyai Ide Bisnis Kuliner Saat Pandemi

Semua Mempunyai Ide Bisnis Kuliner Saat Pandemi

Semua Mempunyai Ide Bisnis Kuliner Saat Pandemi

Berdasarkan data dari United Nations Development Programme (UNDP) dan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI), dampak pandemik COVID-19 telah membuat 9 dari 10 pelaku UMKM mengalami penurunan permintaan, 2 dari 3 UMKM mengalami penurunan pendapatan, lebih dari 80 persen mencatat margin keuntungan lebih rendah, lebih dari 53 persen UMKM mengalami penurunan nilai aset, dan sebagian besar UMKM kesulitan mendistribusikan produknya.

 

Menurut http://vancehester.com/, sekitar persen UMKM yang survei telah bergabung dengan pasar online. Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, banyak contoh kasus UMKM yang beradaptasi dan berinovasi dapat bangkit dan pulih dari dampak pandemik. Seperti cerita Arya Putra, pengusaha UMKM asal Surabaya yang berinovasi untuk berbisnis misugaru ke Indonesia. Misugaru ialah minuman menyehatkan yang terbuat dari berbagai biji-bijian dan memang cukup terkenal.

Peluang yang masih besar

Melansir dari http://142.11.212.11/ Popularitas misugaru ke Indonesia memang belum populer seperti bobba, thai tea, iced coffee, dan lainnya. Hal inilah yang kemudian membuat Arya Putra berinovasi untuk berbisnis misugaru ke Indonesia. Saya punya impian mau buka bisnis minuman.

Tadinya mau kopi, cuma udah banyak yang jual. Trus mikir ke masa pandemi kalau buka stand biaya operasional tinggi dan sulit, modalnya juga besar. Akhirnya dapet chance waktu itu saya dapet dari Spencer buka peluang bisnis misugaru.

Tetap memilih jalan sebagai pengusaha

Memulai bisnis ke masa pandemik tentunya tak mudah bagi Arya. Terlebih Arya belum memiliki pengalaman sebagai pengusaha. Meski telah mendapatkan tawaran pekerjaan, Arya mengaku tetap memilih jalan sebagai pengusaha. Saya masih kerja waktu sebelum pandemi sebagai seorang konsultan.

Dapat banyak insight soal berbisnis bagi pemula

Lewat webinar tersebut, Arya mengatakan untuk mendapatkan banyak ilmu dari para pengusaha kuliner ternama. Bahkan, dari webinar pertama untuk mendapatkan banyak insight soal berbisnis bagi pemula. Tak hanya itu, Arya juga mengaku tertarik untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah.

Terapkan Strategi Bisnis

Soal rencana bisnis ke depan, Arya mengatakan untuk akan meningkatkan promosi minhodrinks agar lebih terkenal ke masyarakat. Salah satunya dengan menerapkan strategi bisnis yang telah dapat lewat webinar. Kalau untuk rencana sudah banyak, tapi kita lihat yang paling possible yang mana.

Comments are closed.